Pilih Mana,Plastik Biasa Atau Plastik UV…???

Plastik bukanlah benda yang asing bagi kita. Dikehidupan kita plastik merupakan hal yang penting mulai dari industri elektronik hingga industri pangan semua rata-rata memerlukan bahan baku plastik. Plastik adalah polimer,rantai panjang atom mengikat satu sama lain. Rantai ini membentuk banyak unit molekul berulang, atau “monomer”. Plastik yang umum terdiri dari polimer karbon saja atau dengan oksigen, nitrogen, chlorine atau belerang di tulang belakang. Banyak sekali jenis- jenis plastik yang terdiri dari berbagai rantai kimia, dengan karakteristik dan fungsi yang berbeda pula. Salah satu yang akan saya jelaskan disini yaitu plastik ultraviolet.

Berbicara tentang plastik memang tidak akan lepas dengan ikatan atom,polimerisasi dan tentunya bahan kimia, namun bagi anda yang tidak tahu menahu tentang kimia lalu bagaimana cara membedakan berbagai jenis plastik. Nah,untuk itu saya akan membahas tentang perbedaan plastik biasa dengan plastik ultraviolet protector.

Ultraviolet merupakan salah satu sinar radiasi matahari atau sinar ungu,seperti yang sudah dikaji dalam ilmu fisika bahwa sinar/cahaya jika dibiaskan terdiri dari berbagai warna diantara yaitu ungu. Karakteristik sinar ultraungu ini memiliki gelombang yang pendek dan dapat merusak jika sinar mengenai obyek secara langsung tanpa penghalang. Maka dari itu dibuatlah plastik ultraviolet protector. Plastik pada umumnya sendiri sebenarnya juga dapat menghalangi radiasi matahari namun akan lebih maksimal jika menggunakan UV protector.

Plastik biasa akan mudah rusak jika dibuat untuk greenhouse karena tidak adanya bahan adiktif untuk memproteksi ultraviolet. Jika pembuatan greenhouse menggunakan plastik biasa maka suhu didalam greenhouse akan sangat panas karena radiasi matahari tidak diurai,sehingga tanaman bisa kering dan layu,berbeda jika menggunakan plastik UV sinar matahari yang masuk akan diurai dan menyebar merata didalam greenhouse.

Dengan menggunakan plastik ultraviolet protector keadaan suhu didalam greenhouse akan relatif stabil, begitu pula jika plastik UV protector ini digunakan untuk solar drom dryer/pollytunnel dryer yang pastinya pengeringan menggunakan plastik uv tidak akan merusak, pengeringan merata dan maksimal sehingga bahan yang dikeringkan bisa awet serta tidak mudah berjamur.

Pengeringan yang menggunakan plastik biasa akan membuat bahan yang dikeringkan rusak /sangat kering sehingga pecah-pecah,dan terkadang pengeringan tidak merata hanya diluarnya saja yang kering tapi didalamnya masih lembab, sebab hal itu dimungkinkan untuk jamur tumbuh dalam bahan makanan.

Begitu banyak sekali manfaat yang diperoleh jika menggunakan plastik ultraviolet protector, penggunaanyapun tidak perlu diragukan lagi. Jika anda sedang membangun greenhouse dan membutuhkan plastik uv yang berkualitas disini tempatnya , info harga plastik uv terupdate silahkan klik DISINI. Hub : 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.