Menggunakan Plastik UV Untuk Kolam Ikan, Pengganti Mulsa Plastik dan Terpal Plastik

Plastik UV Untuk Kolam Ikan
Plastik UV Untuk Kolam Ikan

Selama ini untuk dasar kolam para petambak menggunakan mulsa plastik, terpal plastik dan geomembran. Tapi pada akhir-akhir ini banyak juga para petambak mulai menggunakan plastik UV sebagai pengganti terpal plastik, geomembran atau mulsa plastik untuk kolam ikan maupun kolam tambak udang. Kelebihan plastik uv dibanding mulsa plastik dan terpal plastik adalah lebih awet, lebih kuat, dan tidak mudah robek (rusak). Selain untuk alas atau dasar kolam, plastik UV juga bisa digunakan untuk atap kolam.

Dalam membuat kolam ikan tidaklah bisa asal-asalan. Bahkan terkadang tidak lebih seperti kubangan air saja. Hal ini yang membuat produktivitas budidaya tidak maksimal. Perlu diketahui, kolam ikan juga merupakan aspek penting dalam budidaya ikan, bahkan tidak kalah penting dengan benih, pakan & air. Kolam ikan merupakan tempat habitat hidup ikan. Kondisi kolam ikan menentukan baik tidaknya pertumbuhan ikan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kolam ikan. Mulai dari menganalisis jenis tanah, kontur lahan, tata letak kolam, irigasi, penggalian, pembuatan tanggul hingga pengaturan sirkulasi air.

1. Menganalisa Jenis Tanah
Tanah liat berpasir merupakan jenis tanah yang paling baik untuk membuat kolam ikan.Jenis tanah ini cukup kedap air, teksturnya solid sehingga pembuatan tanggulnya pun lebih mudah.
Bila tanah yang tersedia terlalu gembur, perlu usaha ekstra agar berfungsi dengan baik. Misalnya dinding kolam diberi lapisan semen atau batu bata. Cara ini efektif mencegah kebocoran, namun biaya kontruksinya jauh lebih mahal.

# Baca juga  Memaksimalkan Pengeringan Rumput Laut dengan Menggunakan Plastik UV

2. Mengetahui Kontur Lahan
Salah satu faktor lain yang mempengaruhi kualitas kolam adalah kontur tanah. Apakah lahan datar atau lahan miring. Kemiringan lahan menentukan metode penggalian & pembuatan tanggul. Pada lahan miring, pengaturan pola aliran air lebih mudah. Penggalian tanah pada lahan miring cukup dilakukan pada satu sisi. Lalu tanah hasil galian digunakan untuk membuat tanggul di sisi lain. Sedangkan pada lahan datar, penggalian dilakukan di semua sisi. Hasil galian dijadikan untuk membuat tanggul.

Penggalian tanah pada lahan miring cukup dilakukan di satu sisi. Lalu tanah hasil galian digunakan untuk membuat tanggul di sisi lain. Sedangkan pada lahan datar, penggalian dilakukan di semua sisi. Hasil galian dijadikan untuk membuat tanggul.

3. Tata Letak Kolam Ikan
Jika kita ingin membuat satu kolam saja, tata letak kolam lebih sederhana. Tinggal memaksimalkan letak parit yang dijadikan sumber air dan sistem pembuangan. Namun apabila jumlah kolam yang akan dibuat banyak. Tata letak kolam perlu dipertimbangkan dengan seksama.

4. Membuat Tanggul Kolam Ikan
Tanggul berfungsi untuk menahan air dan sebagai pembatas kolam ikan. Tanggul yang baik harus kedap air (tidak rembes), kuat menahan beban air, tidak mudah erosi, dan tidak bocor. Untuk jenis tanah liat berpasir, tanggul bisa dibuat hanya dengan tanah. Tetapi untuk jenis tanah yang gembur dan mudah erosi diperlukan tanggul dari batu atau tembok.

5. Membuat Saluran Air
Saluran air masuk & keluar merupakan bagian vital dari kolam ikan. Saluran ini bertugas menjaga kualitas air kolam. Jika saluran air terhambat, kualitas air kolam akan turun, hal ini bisa menyebabkan kematian pada ikan. Saluran masuk dan keluar air untuk kolam ikan bisa dibuat lebih dari satu. Pada kolam-kolam yang besar, biasanya dibuat 2-3 pasang saluran air. Pada kolam lebih kecil cukup dibuat satu pasang saluran. Jarak antar saluran masuk dan keluar harus dibuat sejauh mungkin. Letak saluran masuk dan keluar sebisa mungkin bersilangan jangan sejajar. Gunanya agar terjadi sirkulasi air dalam kolam. Air yang masuk tidak langsung keluar, melainkan menggantikan air lama.

# Jangan lewatkan Berbagai Macam Jenis Plastik UV dan Ukurannya

6. Saluran Kemalir
Saluran kemalir merupakan bagian penting dari kolam ikan. Kemalir adalah parit yang ada di dasar kolam, kedalamannya sekitar 20-30 cm. Kemalir berfungsi untuk membantu pemanenan, menampung endapan sisa makanan, mengendapkan lumpur berbahaya dan mengatur aliran air bawah. Jumlah kemalir disesuaikan dengan pintu pengeluaran air.

Jika Anda yang ingin membuat kolam ikan baik menggunakan plastik UV (Ultra Violet) sebagai alas dasar kolam & atap kolam, untuk kebutuhan plastik UV nya bisa menghubungi kami di: 0852.3392.5564 – 0877.0282.1277 – 0812.3258.4950 . Kelebihan penggunaan plastik UV adalah lebih murah & dapat digunakan pula untuk atap kolam dengan berbagai macam ukuran. Jika digunakan sebagai atap, pemasangan plastik UV juga dapat menggunakan tiang dari kayu karena lebih ringan. Informasi harga plastik UV terupdate silahkan klik DISINI.