Cara Unik Membuat Greenhouse Dengan Pipa PVC

Bagi anda yang gemar bercocok tanam memiliki green house sendiri merupakan sebuah kesenangan yang tidak dapat digambarkan. Namun bukan hal yang mudah untuk mewujudkan impian tersebut. Anda tentu sudah tahu bahwa pembuatan greenhouse tidaklah mudah, selain itu biaya yang diperlukan untuk membuat greenhouse juga tidak sedikit. Green house atau sering dikenal juga dengan istilah rumah tanaman memang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dalam hal pembangunan.

Namun biaya yang tinggi ini sepadan dengan hasil yang akan anda dapatkan. Sepadan karena, ketika anda bercocok tanam didalam green house, tanaman yang anda budidayakan akan tumbuh lebih baik,sehat dan terhindar dari hama penyakit tanaman. Hasil panennyapun jauh lebih bagus bila dibandingkan dengan tanaman yang di tumbuh di lahan terbuka. Sehingga kualitas tanaman yang anda budidayakan didalam green house terjaga dan sudah pasti memiliki harga jual yang lebih tinggi.
Bagaimana, apakah anda tergiur untuk memiliki greenhouse sendiri? Anda tak perlu khawatir mengenai biaya. Karena kami akan membagi tips untuk anda bagaimana caranya membuat green house yang muda dan murah namun berkualitas. Kenapa murah? Karena kita akan menekan pembengkakan biaya pembangunan green house dengan cara pemilihan material alternatif seperti kerangka green house yang umumnya terbuat dari baja dapat kita ganti dengan pipa PVC. Pipa PVC merupakan material ringan dan tidak mudah berkarat. Umumnya pipa PVC digunakan untuk menyalurkan air.
Namun kini pipa PVC dapat anda gunakan sebagai kerangka untuk membuat green house. Selain harganya yang murah pipa PVC dipilih karena mudah didapatkan dan cukup kuat serta tahan lama. Sebelum berlanjut pada tahap pembuatan sebaiknya anda siapkan bahan-bahan yang anda perlukan untuk membuat greenhouse. Berikut bahan-bahan untuk membuat green house, diantaranya:
1. Pipa PVC
2. Plastik UV
3. Paranet atau screen
4. Lem, tali dan paku
Ketika bahan-bahan untuk membuat green house sudah siap, maka anda dapat langsung memulai proses pembuatan greenhouse. Hal pertama yang harus anda mulai adalah pembuatan kerangka. Kerangka green house dibuat dari pipa PVC. Lebar kerangka greenhouse disesuaikan dengan lahan yang akan digunakan untuk membangun greenhouse. Setelah mengukur lebar green house saatnya anda membuat kerangka greenhouse.

Anda dapat membuat kerangka green house rumah sederhana dengan atap miring. Untuk tinggi green house dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Apabila greenhouse akan digunakan untuk menaman sayur sebaiknya anda tidak membuat green house yang terlalu tinggi, karena tanaman sayur mayur tidak memerlukan bangunan green house yang terlalu tinggi. Penggunaan pipa PVC sebai kerangka green house juga akan lebih hemat dan aman ketika bangunan green house tidak terlalu tinggi. Satukan bagian-bagian kerangka green house dengan menggunakan lem maupun tali.
Setelah kerangka green house selesai, anda dapat memasang plastik UV sebagai penutup atap. Plastik UV digunakan sebagai atap green house karena plastik ini merupakan plastik transparan yang mampu menghindarkan tanaman dari guyuran air hujan secara langsung dan radiasi sinar matahari yang berlebihan. Plastik UV juga memiliki daya tahan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan plastik yang lainnya. Plastik ini tahan terhadap perubahan cuaca seperti panas dan hujan serta tidak mudah robek. Plastik UV ditempelkan pada kerangka atap greenhouse dengan menggunakan paku.
Kerangka telah selesai, atap pun sudah terpasang. Kini anda hanya perlu memasang paranet sebagai dinding green house. Paranet dipilih sebagai material dinding karena paranet dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih bagus dan juga dapat menghalau serangan hewan serta serangga pengganggu tanaman. Harga paranet juga cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras isi kantong anda. Untuk bagian pintu, anda dapat menggunakan sisa plastik UV atap sebagai pintu yang dibentangkan pada kerangka pintu dari pipa PVC.
Bagaimana? Mudah bukan mebuat green house dengan pipa PVC. Tidak cukup sampai disitu saja, pipa PVC juga dapat menekan biaya pembuatan green house sehingga anda dapat memiliki green house yang baik serta aman bagi tanaman dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba.

Lim corporation menyediakan plastik ultraviolet greenhouse dengan kualitas lokal maupun import, plastik uv lokal mampu bertahan sekitar 1-2 tahun trgantung dari cuaca, untuk uv import mampu bertahan sekitar 3-5 tahun. Jika anda sedang membutuhkan plastik uv lokal maupun import silahkan wa/call/sms 085233925564 – 087702821277 – 081232584950. Untuk info harga plastik uv terupdate silahkan klik DISINI.